Laman

Kamis, 29 Desember 2016

Desember ceria (part 1)

Jumat 9 Desember 2016


BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA 2

Halo. Aca dan abimana kembali hadir pada sekuel bulan terbelah di langit amerika yang kedua. Setelah membahas 'akankah dunia lebih baik tanpa islam?' di film pertamanya, kini bulan terbelah part 2 (mari kita singkat judulnya, karena terlalu panjang. yeu) mengangkat tema 'apakah muslim penemu amerika?'

Topik yang menarik bukan? Apa filmnya semenarik tag line nya?

Dari segi pemain, gue tidak merasa ada masalah sama sekali di film ini. Akting semua peran sama bagusnya, meyakinkan. Gue suka gaya boy william di sini by the way, tengil gitu, tapi menurut gue pas dengan karakter perannya. Kalau di film sebelumnya sempat ada masalah (menurut gue) di bagian crowd, kini di film ini tak ada lagi masalah itu. Crowd nya cukup dan pas sesuai skenario.

Mari masuk ke bagian cerita. Bulan terbelah part 2 kembali mencampurkan sub cerita yang lain selain menu utamanya (kisah hanum dan tugasnya mencari berita mengenai penemu amerika). Sub ceritanya ada dua, yaitu kisah asmara stefan dan hubungan antara azima dengan ibunya.

Sayang sekali, film ini kurang berhasil dalam menggarap cerita yang menjadi menu utamanya. Sangat dangkal dan tanpa simpulan yang memuaskan. Gue hanya bisa terbengong dan menggumam saat melihat film nya sudah selesai "Oh? Udah selesai?". Sayang, padahal dari segi visual, akting, audio maupun instrumen pendukung lain nya udah oke. Namun kontennya dangkal sekali. Sedih. Gitu deh. Paling penting adalah : gue merasa pertanyaan 'apakah muslim penemu amerika' belum terjawab.

Sub cerita nya lumayan membantu film ini agar terlihat masih menarik. Stefan menggemaskan. Anaknya azima cantik sekali #salahfokus.

Ya, apapun filmnya, penting untuk memastikan bahwa pesannya sampai ke penonton. Be.. Begitulah (ngga tau lagi ngomong apa sebenernya wkwk).


Minggu 11 Desember 2016


HEADSHOT

Ini film iko uwais pertama yang pernah gue tonton. Banyak yang memuji beliau, gue jadi penasaran seperti apa sepak terjangnya. Film ini menggunakan alur campuran ya, banyak flash back nya. Gue suka film yang alurnya maju-mundur begini, entah bagaimana terlihat lebih berseni haha. Pemain-pemainnya menarik. Gue ingin memuji julie estelle pertama kali. Dia sangat terlihat seksi, eh, keren maksudnya hahaha. Eh serius deh, julie estelle ini keren sekali. Beneran kayak kriminal bule yang cantik tapi berbahaya. Untuk iko uwais... akting berantemnya memang dahsyat. Doi memang cocok sekali kalau jadi peran yang banyak berantemnya begini dengan gaya kaku dan cool. Chelsea islan? Bagus bagus bagus. Ng.. gue agak terganggu dengan pemeran lee. Bukan, bukan karena aktingnya jelek kok, bukan. Gue hanya sedikit kaget dengan suaranya. Suaranya agak lebih tinggi dari yang gue harapkan. Ini hanya stereotipe di kepala gue sih. Menurut gue, kepala mafia itu harus punya suara yang berat dan dalam. Hahaha. 

Beberapa teman gue ada yang nanya ke gue "Gimana cerita headshot?". Lalu gue biasanya akan jawab sambil berpose mengangkat senjata "Ini akan merangkum segalanya. Dor dor dor dor dorrrrrr dorrrr dooorrrrr". Pfff. Ya, kurang lebih begitulah ceritanya. Tentang dunia mafia dan seseorang yang ingin keluar dari dunia itu. Sepanjang film, gue agak mengkritik beberapa hal. Well, sebenarnya gue hanya ingin menganggu aniki yang nonton bersama gue saat itu (hey ini film kedua gue dan aniki! yay!). 

Hal-hal tersebut antara lain :

1. Bus yang dinaiki chelsea islan konon (katakanlah, dari kota X) akan pergi ke arah jakarta. Kemudian, iko uwais mengejar bus tersebut karena curiga telah terjadi sesuatu (iko datang dari kota X). Pertanyaan : kenapa arah datang iko berlawanan dengan arah datang bus? Harusnya sama dong. Justru iko datang dari arah jakarta. Sungguh, terlalu.

2. Iko dikunci di dalam bus yang penuh api membara. Iko terlihat panik karena tidak ada jalan keluar. Gue cuma penasaran sih, emang jendela bus nya gabisa dibuka ya? Hm. Kecil sih jendelanya. Mungkin itu alasannya mas iko lebih memilih menghancurkan kaca belakang bus dengan cara yang jantan, heroik dan dramatis. 

3. Dua orang bersenjata dikirim untuk melumpuhkan iko. Salah satu orang pergi (kalau gasalah karena lampu mendadak padam dan dia mau menyalakannya atau karena apapun alasannya yang sudah gue lupakan, salah satu dari mereka pokoknya pergi dulu) dan membiarkan satu temannya (yang tentunya bersenjata) menangani iko (yang tanpa senjata). Teman ini dan iko sudah bergelut dengan menghabiskan waktu yang begitu lama. Tapi, KEMANA YANG SATU LAGI? KOK NGGA BALIK BALIK?

4. Akhirnya salah satu orang yang tadi pergi telah kembali, setelah temannya mati. Bagus. Setidaknya masih ada satu orang lain bersenjata yang bisa menghabisi iko.  Namun apa yang terjadi bung? Orang itu melempar senjatanya ke lantai dan membiarkan pertempuran antara dirinya dan iko sama-sama bertangan kosong. WHAT? SERIOUSLY DUDE? Baiklah, hanya ada beberapa pilihan penjelasan atas apa yang terjadi di sini : a) sebagai seorang petarung, dia sangat gentle karena tidak menginginkan pertandingan yang tak seimbang; atau b) sebagai seorang individu, dia sangat arogan karena berpikir pasti bisa menaklukkan iko walau tanpa senjata; atau c) sebagai seorang bawahan yang diberi tugas oleh bos nya untuk menangkap seseorang, dia sangat bodoh.

Kira-kira begitu. Eh anyway, walau gue mengkritik hal-hal di atas, gue sangat menikmati film ini kok. Kebetulan, gue memang suka adegan berantem hehe. Dan untungnya, memang koreografi berantem mereka sangat bagus dan indah untuk dinikmati. Efek slow motion pada gerakan tertentunya juga cerdas, membuat gerakan menjadi lebih dramatis. Sukak! Adegan julie dan iko di pantai juga indah! Engga.. mereka ngga bergenggaman tangan sambil bertatapan dengan latar matahari terbenam di lautan kok. Mereka berantem dan ada selipan scene masa lalunya gitu hehe Selain adegan bela diri nya yang aduhai, latar tempatnya juga bagus, dapet gitu feel nya. Markas nya, sumur nya, suka :)

In simply, cerita nya ngga terlalu ribet sih. Kalau kamu bukan penikmat adegan berantem.... mungkin bisa cari tontonan yang lain saja. Kalau kamu penikmat iko uwais atau chelsea islan, segera tonton film ini sebelum turun layar hahah :p 

Akhir kata, mohon maaf bila banyak kesalahan, karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah Swt. Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.