Halaman

Minggu, 03 Maret 2013

Komunikasi

Dalam buku dasar-dasar komunikasi, Gerald Godhaber menyatakan komunikasi sebagai :

Darah yang menghidupkan
Perekat yang menyatukan
Oli yang memuluskan
Kekuatan yang merasuk, dan
Zat yang menyemen semua hubungan sosial

Terdengar berlebihan mungkin, tapi pernyataannya bener kok. Karena komunikasi itu fondasi utama suatu hubungan. 

Cara berkomunikasi bermacam-macam, ada yang lebih suka lewat sms, telepon, atau lewat media jejaring sosial gitu (misal saling mensyen-mensyenan  di twitter biar kelihatan akrab). Kalau gue sih prefer ketemu langsung sama orangnya terus ngobrol sampai mabuk. Kalau sms, telepon, sama komunikasi di dunia maya mah ngga bisa liat mukanya. Rugi. Rugi ngga bisa liat ekspresi lawan bicara lo secara langsung. Semua ekspresi orang itu beda-beda dan selalu menarik. Selalu. Itulah bagian paling menyenangkan dari mengobrol :3

Kenapa mendadak nulis begini wi?

Cuma mau ngingetin, sayang banget kalau lo nganggurin orang-orang di sekeliling lo begitu aja. Kalau emang sebegitu sulitnya membuka topik obrolan, coba hal yang paling basa-basi se-dunia : omongin pelajaran. Bukan, jangan bener-bener ngomongin pelajaran terus lo ngelantur dan menjabarkan rumus-rumus abstrak, itu mah lawan bicara lo langsung ambil langkah seribu. Maksud gue kayak gini "eh pelajaran tadi susah ya" atau apa kek basa-basi aja. Siapa tau lawan bicara lo ngerespon sesuatu yang kemudian bisa dijadiin bahan obrolan. Kalau dia ngga ngerespon............. masih banyak kok target bicara lainnya :") *asah pisau*


Agak menyimpang mungkin, ada satu hal yang bikin gue garuk-garuk kepala :

HARI GINI MASIH BELUM HAPAL NAMA TEMEN SE-DEPARTEMEN!? Oh dude, go jump off the cliff!

Ini nih beberapa cowok di departemen gue ada yang begini. allahu akbar -_-  Semoga mereka segera bertobat -_-

Catatan : Kenalilah orang-orang di sekelilingmu, mereka bukan sekedar seonggok daging biasa layaknya benda mati. Mereka hidup, punya cerita, dan siap berbagi segudang pengalaman yang bisa membuatmu mangap. Percayalah, pasti selalu ada yang menarik dari tiap individu. Pasti. Don't you feel bored for only knowing certain people? Go open your eyes. Widen your wings. Meet them! They're (even the silent one) ready to surprise you ;) 



* Gue juga masih belajar cara berkomunikasi yang baik. Soalnya masih minus banget. Apalagi kalau public speaking. Beh ._. Well, selamat belajar bagi yang menjalankan :3

Tidak ada komentar: