Halaman

Sabtu, 05 Maret 2011

Prak Tek

uyeeeeeeeeeeeeh akhirnya sekarang gue bisa nyengir jahat kayak ibu tiri di film bidadari dan ucapkan selamat tinggal, selamat jalan, dan semoga tak jumpa lagi kepada ujian praktik SMAN 39 #jump #somersault #fly \:D/ Tapi setelah itu gue harus meringkuk kayak upik abu dan mengucapkan dengan mata pilu 'selamat datang pra UAS, UAS, UAN, dan bla bla bla". Beruntung sekali, kehilangan satu dapetnya lebih dari tiga. Beruntung? Oke. Musibah. Tapi serius, ujian tertulis jauuuuuuuuuuuuuh lebih baik daripada ujian praktek. Kenapa? Ya karena sehari-harinya kita emang terbiasa atau bahkan dituntut buat 'ngejar nilai' kan bukan ditekankan ttg pemahaman untuk menerapkan suatu materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Jadi wajar aja kalo gue ngga biasa praktek. Salahkan sistem pendidikannya, jangan salahkan gue #ups (eh ini kan tema pidato dadakan gue pas ujian praktek bahasa -_-)

Lemme start to write my unimportant story here

Sabtu 26-02-2011
Ujian Praktek : Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia

- Agama Islam
Hafalan 4 surat pendek, baca al-qur'an, solat jenazah, doa setelah solat, doa setelah solat duha
Hasil : Lancar

- Bahasa Inggris
Random. Tugas tergantung kocokan kertas dan keberuntungan. Gue dapet nomer 10 buat tes yang sesi pertama. Gue takut banget. Sumpah. Gue takut kalo gue harus nulis essay tentang metamorfosis (karena di kisi-kisi ujian praktek ada ttg metamorfosis gt dah). Kenapa takut? Karena :
1. gue belom pelajarin kisi-kisi ujian praktek dan gue baru sadar ada metamorfosis jahanam itu 2. gue bego biologi (kecuali bab #uhuk), yg berarti gue jg ngga ngerti metamorfosis 3. Biologi + bahasa inggris = pembunuhan pelan-pelan.
Then, I prayed "Ya Allah jangan sampai hambamu ini dapat tentang metamorfosis, hamba bego banget biologinya" #pasangtampangmelasdansokimut
Dan saat gue liat kertas tugas gue............. JENGJENGJENG ada gambar ulat busuk beserta evolusinya di sana yang berikutnya ada kepompong lalu jadi kupu-kupu. Pembentukannya berurut membentuk lingkaran. Ya. Ya. Ya. Itu seperti siklus. Ya. Siklus metamorfosis. #deathforasecond

"sabar ya wi" ucap si gajah (Ajeng) chairmate gue. Hell yeah dan dia dapet review spiderman, alalalalala enak banget iri. muka gue jadi jelek pasti, eh tambah jelek maksudnya. pasrah banget udah dah, asal bikin esay aja. gue pasrah sambil komat-kamit kalimat ini di dalem hati --> "ngga ada yang ngga lulus gara-gara ujian praktek kok wi"

- Bahasa Indonesia
ini konyol. sumpah. gue ngga bikin pidato. ini ujian praktek bahasa indonesia gue yang paling sampah seumur hidup kayaknya. yaudahlah ya pura-pura 'everything is okay' aja.

Senin 28 - 02 - 2011
Ujian Praktek : Olahraga, Kimia, Fisika

- Olahraga
Hujan. Ujian ditunda jadi hari berikutnya. naluri india gue nyaris keluar. nyaris gue lari-lari di tengah hujan sambil ngiterin pohon. untung gue lagi capek dan terlalu pusing mikirin ujian praktek jadinya ngga jadi.

- Kimia
Nah nah nah gue takut banget ini kalo dapet yang aneh-aneh. Tapi kali ini gue pasrah. dan ngga mau bilang 'semoga engga dapet' kayak pas hari sabtu ujian praktek bahasa inggris. Gue cuma bilang "bismillahirahmanirahim berikan yang terbaik ya Allah", terus gue ambil deh kocokan lucky numbernya. daaaaaan gue dapet logam penyepuhan, dan itu gue lumayan ngerti dikitlah yang penting ngga blank (Y)
Hasil : agak lancar

- Fisika
Otak gue blank total. Histeris banget gue materi ujiannya susah. yang gue bisa cuma percobaan tetapan pegas. yang lain ngawang semua. apalagi yang ggl, ih ya allahurabbi. takut banget kalo sampe itu atau dapet yang lain. Sekali lagi, gue pasrah. Pas gue liat lucky number dan cek tugasnya apa ternyata.............. TETAPAN PEGAAAAAAAS. gila gue bahagia banget.
Hasil : Lancar kali ya

Selasa 01 - 03 - 2011
Ujian Praktek : BIOLOGI dan Seni rupa

- Biologi
Ketar-ketir banget ini gua. Malem selasa kagak belajar apa-apa. Belajar kilat di jemputan dan ngga nangkep apa-apa. Kalo di pelajaran yg laen, gue palingan takut sama salah satu atau dua ujian prakteknya gitu ya, tapi kalo biologi... se-mu-a-nya. Sebenernya sih ini juga karena faktor guru yang ngawas. Ngga usah dideskripsikanlah ya pasti ngerti. Kerangka!!!! Yak. model kerangka badan manusia berwarna putih tak bernyawa yang selalu sok pamer senyum pepsodent padahal giginya juga cuman rangka rapuh itu membuat gue semakin deg deg an dan nyaris gila (oke over). Ya lo bayangin aje, entar kalo dapet itu kerangk terkutuk, kita harus tulis organ apa aje yang udah di nomorin, fungsinya, sendi-sendian gitu juga lagi. udah dah pokoknya itu yang paling susah. Gue pasrah lagi. Daaaaaaaaaaan gue dapat uji enzim katalase! #sujudsyukur Walau hati yang dipake buat uji enzim katalase ini baunya bau bangke, gue tetep bahagia karena bukan rangka :') Tapi bukan berarti gue bisa tenang ngerjain prakteknya, makhluk horor mengawasi terus nak -_-
Hasil : ngga tau deh yang penting selese :D

- seni rupa
bikin bayangan perspektif. join bareng ini mah. lumayan.

Rabu 02 - 03 - 2011
Komputer, Bahasa Jepang

- komputer
tadinya takut dapet excel. pasrah untuk kesekian kalinya akhirnya dapet mail merge. lega. lumayan bisalah :)

- bahasa jepang
sakubung. lancarlah sakubungnya lumayan. gue kan nulis "kusuri ga suki dewa arimasen (saya ngga suka obat)" eh si sensei ngocol banget , dia malah bilang gini -> "yaiyalah mana ada juga yang suka obat. kok kamu ngga tulis saya suka sake aja sih wi?" wah wah wah wah guru berjiwa muda susah emang nih bawaannya pengen becanda mulu, tapi nancep men ke jiwa raga -_- #ngasahgolok (read melodious voice first to understand what i've been talking about)
Hasil : Lancar

Pelajaran yang dapat dipetik selama pengundian ujian praktek : Jangan memohon untuk 'tidak mendapat sesuatu' tapi memohonlah untuk mendapat yang terbaik.
Buktinya pas gue bilang jangan dapet metamorfosis eh malah dapet, pas gue pasrah malah dapet yang enak :p

All in all. Bye ujian praktek, Hell-o pra uas dan saudaranya. GANBATTE NE!!!

Tidak ada komentar: